Informasi finansial, saham, crypto, dan aplikasi paling hits

Finansial

Rp930 Miliar Dividen ANTM Siap Dibagikan Tahun Ini

930 Miliar Dividen ANTM Siap Dibagikan Tahun Ini

Kamu salah satu pemegang saham ANTM? Kabar baik! Pada 24 Mei 2022 kemarin, rapat umum pemegang saham (RUPS) PT Aneka Tambang Tbk (ANTM) menyetujui penetapan pembagian dividen tahun buku 2021.

Besarnya dividen diputuskan 50% dari laba bersih tahun 2021 atau Rp 930,87 miliar. Sisa setengahnya atau sebesar 50%, Rp 930,87 miliar dicatat sebagai saldo laba.

Jumlah dividen ini lebih tinggi dari porsi tahun lalu yang dibagikan sebanyak Rp402,27 miliar atau 35 persen dari laba bersih tahun buku 2020. Sebagai ilustrasi, jika ada 24,03 miliar jumlah saham ANTM, maka pemegang saham akan menerima dividen Rp 38,73 per saham.

Jika dibandingkan dengan pembagian dividen tahun sebelumnya, PT Antam cukup royal. Dari tahun buku 2020, ANTM membagikan dividen Rp 16,73 per saham. Artinya, dividend payout ratio di periode tersebut hanya sekitar 34,87%.

Pembagian dividen cukup besar ini bukan tanpa alasan. Emiten pelat merah ini membukukan laba bersih sebesar Rp 1,86 triliun pada 2021. Realisasi laba bersih ini melonjak 61,96% dibandingkan dengan laba bersih di 2020 yang hanya Rp 1,15 triliun.

Pembagian Dividen Induk Mind ID

Bukan hanya ANTM, PT Bukit Asam Tbk (PTBA) dan PT Timah Tbk (TINS) juga membagikan dividen. PTBA, TINS, dan ANTM adalah emiten tambang dengan induk yang sama yaitu PT Indonesia Asahan Aluminium (Mind ID). Dari RUPS itu juga PTBA membagikan seluruh laba tahun 2021 yaitu Rp 7,9 triliun sebagai dividen. Sedangkan dividen TINS diputuskan 35% dari laba atau Rp 455 miliar. Dengan begitu, dividen PTBA menjadi yang terbesar di antara TINS dan ANTM.

Agenda lainnya dari rapat pemegang saham adalah penerimaan Laporan Keuangan dan Pelaksanaan Program Pendanaan Usaha Mikro dan Usaha Kecil untuk tahun buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Baca Juga  Siap-siap, BEI Bakal Ubah Satuan Lot Saham, Ini Alasannya

Pemegang Saham sekaligus menyerahkan pelunasan dan pembebasan tanggung jawab sepenuhnya kepada seluruh anggota Direksi atas tindakan pengurusan Perseroan dan Dewan Komisaris atas tindakan pengawasan yang telah dijalankan selama Tahun Buku yang berakhir pada tanggal 31 Desember 2021.

Selanjutnya, pemegang saham Antam setuju untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Pemegang Saham Seri A Dwiwarna melalui PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero) selaku kuasanya guna menetapkan besarnya tantiem untuk Tahun Buku 2021 serta menetapkan honorarium, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi anggota Dewan Komisaris untuk tahun 2022.

Dalam Mata Acara yang sama, pemegang saham ANTAM juga menyetujui untuk memberikan wewenang dan kuasa kepada Dewan Komisaris dengan terlebih dahulu mendapatkan persetujuan tertulis dari PT Indonesia Asahan Aluminium (Persero), selaku Kuasa Pemegang Saham Seri A Dwiwarna, untuk menetapkan besarnya tantiem untuk Tahun Buku 2021 serta menetapkan gaji, tunjangan, fasilitas dan insentif lainnya bagi Direksi untuk tahun 2022.

Pemegang saham juga menyetujui untuk menerima Laporan Pertanggungjawaban Realisasi Penggunaan Dana Penyertaan Modal Negara yang merupakan bagian dari Hasil Penawaran Umum Terbatas I, serta Realisasi Penggunaan Dana Hasil Penawaran Umum dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu.

Agenda RUPS Tahunan 2022

Terdapat tujuh agenda dalam RUPS Tahunan kali ini. Selain penetapan penggunaan laba bersih, termasuk pembagian dividen, ada juga agenda perubahan susunan pengurus perseroan. Para Pemegang Saham Perseroan telah menyetujui usulan keputusan dari Pemegang Saham Seri A Dwiwarna/kuasanya terkait Perubahan Susunan Pengurus Perseroan.

Dalam RUPST ini, telah diangkat kembali Bapak Gumilar Rusliwa Somantri dan Bapak Anang Sri Kusuwardono sebagai Komisaris Independen ANTAM. Dengan demikian, berikut ini Susunan Pengurus Perseroan:

Dewan Komisaris

Komisaris Utama merangkap Komisaris Independen Bapak F.X. Sutijastoto
Komisaris Independen Bapak Gumilar Rusliwa Somantri
Komisaris Independen Bapak Anang Sri Kusuwardono
Komisaris Bapak Bambang Sunarwibowo
Komisaris Bapak Dilo Seno Widagdo

Baca Juga  Mau Investasi Emas? Cermati Keuntungan dan Kerugiannya

Dewan Direksi

Direktur Utama Bapak Nicolas D. Kanter
Direktur Operasi dan Produksi Bapak I Dewa Wirantaya
Direktur Pengembangan Usaha Bapak Dolok Robert Silaban
Direktur Keuangan dan Manajemen Risiko Ibu Elisabeth RT Siahaan
Direktur Sumber Daya Manusia Bapak Basar Simanjuntak

Leave a Reply