Informasi finansial, saham, crypto, dan aplikasi paling hits

Finansial

Untung 1.000% dari Investasi Saham? Bisa!

Keuntungan Investasi Saham

Sebagai investor ada banyak keuntungan yang bisa kamu nikmati. Apalagi kalau investasimu tepat sasaran, tak pelak bisa menghasilkan keuntungan yang besar. Berikut berbagai keuntungan yang bisa kamu dapat.

Capital Gain

Keuntungan masif yang bisa kamu peroleh sebagai investor adalah kenaikan harga saham, yaitu hasil selisih harga beli dan harga jual saham. Capital gain ini terjadi karena adanya aktivitas perdagangan di bursa efek.

Sebagai ilustrasi, kamu membeli saham A sebesar Rp2.000 per lembar dan selanjutnya kamu menjualnya di angka Rp6.000 per lembar. Berarti kamu mendapatkan capital gain sebesar Rp4.000 per lembarnya. Kalikan dengan jumlah lembar saham yang kamu miliki, itulah capital gain yang bisa kamu nikmati.

Pembagian Dividen

Dividen adalah profit yang diperoleh perusahaan yang sahamnya kamu miliki. Di tiap akhir tahun, biasanya dividen akan dibagikan kepada para pemegang saham. Ada dua jenis dividen: tunai dan saham. Dividen tunai berarti perusahaan akan memberikan uang tunai kepadamu per satu lembar saham yang kamu miliki.

Dividen saham berarti kamu mendapatkan dividen berupa saham sehingga jumlah saham yang kamu miliki sebagai investor akan bertambah.

Tetapi, tidak semua perusahaan membagikan dividen kepada pemegang saham walaupun mereka memperoleh laba. Biasanya hal itu dilakukan kalau perusahaan hendak mengembangkan atau melakukan ekspansi usaha.

Punya Hak Ikut RUPS Sebagai Bagian Pemilik Perusahaan

Kamu bisa ikut dalam Rapat Umum Pemegang Saham (RUPS) sebagai pemilik saham. Dalam RUPS, kamu bisa mengetahui pembagian dividen, pemaparan rencana perusahaan ke depan, sampai informasi mengenai laporan tahunan atau laporan keuangan perusahaan.

Modal Kecil dengan Potensi Keuntungan Besar

Tidak ada instrumen keuangan yang bisa memberikan potensi imbal balik yang masif kecuali dengan saham. Dengan bermodal belajar saham gratis di internet, kamu cukup mengeluarkan modal relatif kecil dibanding jenis usaha lainnya, dan bisa berpotensi memperoleh keuntungan ribuan persen.

Baca Juga  Cara Blokir ATM Mandiri yang Mudah

Katakanlah dengan Rp100, kamu bisa mendapatkan satu lembar saham yang keuntungannya bisa berlipat-lipat di kemudian hari. Margin keuntungan yang bisa didapat bisa mencapai 100 persen.

Fleksibel dalam Melakukan Investasi

Investasi saham adalah aktivitas yang sangat fleksibel. Kamu bisa melakukannya tanpa mengorbankan waktu dari pekerjaan utama dan bisa memantau aktivitas bursa efek di mana saja dan kapan saja melalui perangkat digital di tanganmu.

Namun, hal ini tidak berlaku bagi trader harian. Melakukan trading harian cukup menyita waktu untuk memantau pergerakan bursa saham agar mendapatkan keuntungan yang optimal.

Pajak Relatif Kecil

Hanya 0,1 persen pajak yang ditarik dari profit yang diperoleh investor. Ini jauh lebih kecil dari dibanding instrumen investasi yang lain. Kamu sebagai investor juga tidak perlu lagi membayar pajak saat pelaporan SPT setiap tahun, sebab sudah otomatis dipotong pialang saham (broker) ketika pelunasan transaksi saham.

Transparan dan Aman

Saham termasuk investasi yang aman dan transparan sebab aktivitas jual dan belinya dilakukan dalam satu ruang lingkup yaitu bursa efek. Transaksi di sana sudah terjamin keamanan dan transparansinya. Jadi kamu tidak perlu khawatir akan bila kehilangan modal.

Leave a Reply