Informasi finansial, saham, crypto, dan aplikasi paling hits

Asuransi

Apa Saja Jenis Asuransi Mobil di Indonesia?

Jenis-Jenis Asuransi Mobil di Indonesia

Asuransi mobil atau pertanggungan risiko kerusakan dan/atau kehilangan mobil tentu sangat bermanfaat bagi kamu sebagai pemilik mobil. Apalagi jika mobil yang kamu beli itu baru alias gres. Sayang kalau tidak diberikan perlindungan.

Namun, apa saja jenis asuransi mobil yang bisa kamu dapatkan di Indonesia? Setidaknya ada tujuh jenis asuransi yang bisa melindungi kendaraan kamu.

Di antaranya adalah asuransi mobil total loss only, asuransi mobil all risk, asuransi mobil gabungan, asuransi mobil perluasan, asuransi mobil collision coverage, asuransi mobil liability insurance, dan asuransi mobil personal injury protection.

Untuk lebih jelasnya kamu bisa mendapatkan penjelasan lebih lengkap tentang ketujuh jenis asuransi mobil tersebut.

1. Asuransi Mobil TLO

TLO atau Total Loss Only adalah asuransi yang hanya memberikan perlindungan untuk mobil dari risiko kehilangan saja. Asuransi ini akan menanggung risiko karena pencurian dan kerusakan dengan syarat biaya perbaikannya diperkirakan lebih dari 75% dari harga kendaraan sebelum kendaraan tersebut rusak.

Bagaimana dengan mobil yang hilang? Tentu kehilangan bisa dianggap sebagai kerusakan total sehingga pihak asuransi akan menanggung kerugian atas terjadinya hal tersebut.

Sebagai ilustrasi, saat mobil kamu mengalami kecelakaan yang cukup berat sampai harus mengalami perbaikan yang menelan biaya sampai 75% dari harga mobil sebelum rusak, maka pihak asuransi akan menanggung biaya perbaikan tersebut lewat asuransi total loss only.

Adapun kerusakan kecil yang memiliki biaya perbaikan dibawah 75% tidak akan ditanggung oleh pihak asuransi. Contoh kerusakan kecil misalnya kerusakan pada bemper mobil yang penyok atau baret pada body mobil karena gesekan.

2. Asuransi Mobil All Risk

Dikenal juga dengan nama asuransi comprehensive. Jenis asuransi ini akan melindungi kendaraan dari semua jenis kerusakan. Mau besar atau kecil, biaya perbaikan kerusakan itu akan ditanggung oleh pihak asuransi.

Misal hanya cat mobil yang baret, penyok hingga sampai tabrakan parah yang membuat mobil mengalami perubahan bentuk, seuanya akan ditanggung oleh pihak asuransi selama persyaratan tersebut ditulis dalam polis.

3. Asuransi Mobil Gabungan

Bisa dibilang asuransi ini jenis hybrid karena ia gabungan dari asuransi all risk dan asuransi total loss only. Karena kombinasi proteksi yang dimilikinyaa, tidak banyak perusahaan di Indonesia yang menawarkan jenis asuransi kombinasi.

Biasanya klausul asuransi ini menyatakan pihak tertanggung (klien) akan mendapatkan perlindungan all risk pada tahun pertama dan akan mendapatkan perlindungan total loss only pada tahun berikutnya.

4. Asuransi Mobil Rider

Disebut juga dengan asuransi rider, asuransi ini adalah perluasan yang bisa diberikan terhadap salah satu dari 3 asuransi di atas. Dengan perluasan ini membuat kamu sebagai pihak tertanggung bisa mendapatkan manfaat tambahan selain manfaat utama yang sudah dijanjikan oleh perusahaan asuransi. Contoh jaminan perluasan yang bisa diberikan oleh perusahaan asuransi adalah sebagai berikut

  • Perluasan asuransi mobil terhadap tanggung jawab hukum pihak ketiga.
  • Perluasan asuransi mobil terhadap tanggung jawab hukum penumpang.
  • Perluasan asuransi mobil terhadap kecelakaan diri penumpang.
  • Perluasan asuransi mobil terhadap adanya kerusakan akibat huru-hara.
  • Perluasan asuransi mobil terhadap adanya kerusakan akibat banjir dan angin topan.
  • Perusahaan asuransi mobil terhadap adanya kerusakan akibat gempa bumi dan tsunami.
  • Perluasan asuransi mobil akibat adanya kerusakan disebabkan oleh terorisme dan sabotase.

5. Asuransi Mobil Collision Coverage

Ini adalah jenis asuransi yang akan memberikan perlindungan finansial pada kecelakaan mobil tabrak yang disebabkan oleh pengemudi. Asuransi ini dapat memberikan biaya perbaikan kerusakan mobil dan juga ganti rugi sesuai dengan harga mobil yang dimiliki oleh pihak tertanggung.

Ketika kamu mengalami kecelakaan yang diakibatkan oleh dirimu sendiri, kamu bisa langsung datang ke perusahaan asuransi dan klaim asuransi kamu untuk mendapatkan jaminan sesuai dengan harga mobil.

6. Asuransi Mobil Liability Insurance

Asuransi ini tidak jauh berbeda dengan Asuransi sebelumnya. Ia dapat memberikan klaim untuk kasus yang sama seperti asuransi collision coverage, tetapi asuransi ini akan memberikan jaminan tambahan, seperti biaya medis akibat adanya kecelakaan yang dialami pengemudi.

7. Asuransi Mobil Personal Injury Protection

Asuransi mobil personal injury protection adalah asuransi terakhir yang tersedia untuk kamu pilih. Asuransi ini bisa memberikan proteksi terhadap pengemudi yang mengalami kecelakaan untuk dirinya sendiri saat sedang mengendarai mobil. Perusahaan asuransi juga dapat memberikan biaya tambahan dalam bentuk kompensasi atas terjadinya kecelakaan yang dialami oleh pengemudi dan penumpangnya.

Leave a Reply