Informasi finansial, saham, crypto, dan aplikasi paling hits

Finansial

Cara Mendapatkan Uang Dari TikTok

TikTok kini menjadi jalan bagi kamu, selain Youtube, untuk mendapatkan uang. Sebenarnya ada sejumlah media sosial yang bisa membantu penggunanya mendapatkan uang, salah satunya adalah TikTok. Popularitas TikTok mayoritas disenangi oleh anak muda yang bisa mengunggah video hasil kreativitas mereka dari berjoget, berbagi tips hingga momen keasyikan lainnya.

Awal mulanya aplikasi video singkat ini bernama Douyin. Diluncurkan oleh ByteDance, perusahaan asal Tiongkok pada tahun 2016. Hanya setahun saja, Douyin bisa mencapai 100 juta pengguna di daratan Cina.

Sukses dengan pencapaian itu, Douyin pun melakukan rebranding dengan nama TikTok. Tujuannya jelas untuk merambah pasar global yang sangat besar. Dan ternyata: berhasil. Saat ini satu miliar user aktif telah menjadi fans TikTok di seluruh dunia.

Padahal di awal kemunculannya di Indonesia, TikTok sempat dicemooh. Bahkan TikTok sempat diblokir oleh Kementerian Komunikasi dan Informatika karena disebut menayangkan konten negatif dan meresahkan. Namun sebaliknya kepopuleran TikTok justru meroket. Jumlah pengguna aplikasi garapan ByteDance asal China tersebut sudah bisa bersanding dengan aplikasi media sosial lainnya seperti Twitter, Facebook, dan Instagram pada laman aplikasi paling banyak diunduh di Play Store.

User base yang besar tentu saja berpotensi menarik perputaran uang yang besar juga. Tidak hanya untuk perusahaan ByteDance sendiri, para pengguna pun bisa mendapatkan uang yang lumayan dari aplikasi yang mereka pakai setiap hari.

Berikut ini adalah cara-cara mendapatkan uang dari TikTok yang bisa menjadi penghasilan tambahan dengan gawai kamu.

Sponsored Content Post

Kalau YouTube punya AdSense bagi para pengunggah videonya, TikTok punya mekanisme yang berbeda. Namanya Sponsored Content Post, yaitu kamu bisa berlaku sebagai influencer TikTok bisa mempromosikan brand tertentu.

Baca Juga  Untung 1.000% dari Investasi Saham? Bisa!

Cara ini adalah metode paling bagus untuk mendapatkan uang dari TikTok, serta paling tepat buat kamu yang sudah memiliki followers di atas ribuan. Sebab itu, sebelum dapat menerima tawaran Sponsored Content Post, kamu harus giat menaikkan jumlah followers di TikTok.

Caranya? Ada sejumlah cara yang bisa kamu eksekusi, antara lain: menemukan niche konten, upload video yang menarik, sampai membangun rutinitas untuk mengunggah konten secara terjadwal. Oh ya, jangan lupa untuk rajin mengikuti challenge time.

Payout Coins

Donasi atau kerennya Payout Coins adalah bayaran yang yang diberikan fans saat kamu live streaming di TikTok. Secara konsep metode ini serupa dengan platform Twitch atau Likee. Saat live streaming, TikTok memungkinkan para viewer memberikan stiker gift yang nantinya dapat ditukar dengan uang.

Biasanya, stiker ini hanya akan dikirimkan viewer untuk menghargai usaha pembuat konten atau content creator TikTok. Sebab itu, usahakan membuat konten yang bermanfaat. Karena stiker yang diberikan dari fansmu itu dibeli oleh para followers TikTok dan tidak secara cuma-cuma.

TikTok Manager

Jasa Pengelolan Akun Profesional bisa menjadi salah satu bisnis yang bisa kamu eksekusi di TikTook. Kamu membantu mengelola akun TikTok milik seseorang agar lebih berkembang pesat, dengan imbal jasa yang disepakati. Tugas dari sang pengelola jasa manajemen TikTok antara lain dengan meningkatkan followers, like, jumlah tayangan video hingga engagement, mengatur strategi content marketing, mengembangkan ide kreatif konten tiktok, mengelola tawaran kerja sama, dan lain-lain.

Meluncurkan Musik Karyamu

Banyak orang yang awalnya bukan siapa-siapa, namun menjadi terkenal dalam hitungan singkat karena video konten musik yang mereka buat viral dan disukai banyak orang. Setelah dinilai cukup membangun akun dan mendapatkan banyak pengikut, kamu bisa memanfaatkan ketenaran dengan memulai karir sebagai artis atau musisi.

Baca Juga  Cara Blokir ATM Mandiri yang Mudah

Tak sedikit karya musik yang laku keras di pasaran setelah dipopulerkan di TikTok. Musik-musik tersebut dapat menghasilkan pundi uang yang menjanjikan.

Masih ingat Bowo Alpenliebe? Nah, Prabowo Mondardo ini adalah artis TikTok pertama di Indonesia. Setelahnya banyak sekali yang menggapai ketenaran lewat paltform TikTok. Ada nama Baby Ariel yang punya 34 juta pengikut TikTok dan menarik minat beberapa media mainstream seperti Disney dan Nickelodeon.

Agensi Influencer

Membangun agensi adalah salah satu cara menghasilkan uang dari TikTok. Dengan menghubungkan antara brand yang ingin beriklan dengan influencer TikTok, kamu sebagai agensi menjadi perantara, koordinator, hingga manajemen, dari perjanjian iklan. Sebagai contoh, mencari influencer yang tepat, menggarap konsep iklan, hingga mengelola kerja sama.

Kalau kamu punya keahlian content marketing dan video marketing, langkah ini cocok untuk kamu. Tidak ada salahnya mencoba peruntungan dengan membuka agensi influencer ini. Dari sini kamu dapat mengambil kesempatan dengan memberikan harga yang relatif lebih terjangkau dibanding yang penawaran TikTok.

Konsultan TikTok

Selalu ada yang butuh konsultasi tentang sesuatu yang baru. Tak terkecuali TikTok. Kalau kamu ahli dalam semua hal TikTok, banyak yang membutuhkan bimbingan kamu. Banyak orang yang akan rela merogoh kocek mereka untuk mempekerjakanmu sebagai konsultan TikTok. Mulai membantu membuat strategi, membangun merek, dan meningkatkan pengikut mereka.

Platform Networking

TikTok sebagai sumber trafik bisa dimanfaatkan dengan cara menautkan link ke platform lain milikmu seperti Instagram dan YouTube. Tentu platform milikmu akan mendapat limpahan trafik yang tidak bisa dibilang lumayan saja jumlahnya.

Leave a Reply