Informasi finansial, saham, crypto, dan aplikasi paling hits

Aplikasi

Cara Backup WhatsApp iPhone ke iCloud

Cara Backup WhatsApp iPhone ke iCloud

Apple dengan iPhone-nya terkenal sebagai produsen ponsel yang eksklusif. Salah satu eksklusivitas iPhone adalah ponsel buatan Apple ini punya ekosistem sendiri yang tidak dipakai oleh pabrikan ponsel lainnya. Hal ini juga termasuk urusan backup atau pencadangan chat WhatsApp.

Kalau kamu biasa memakai ponsel berbasis Android, biasanya kamu memanfaatkan layanan cloud dari Google drive. Setiap akun WhatsApp yang terinstal pada ponsel Android, maka WhatsApp backup chat-nya akan diunggah ke cloud Google Drive sesuai dengan akun Google yang login pada ponsel Android tersebut.

Sangat berbeda dengan ponsel iPhone. iPhone tidak bisa menggunakan Google drive sebagai backup cloud nya. Lalu di mana iPhone menyimpan backup chat dari WhatsApp?

Tentu sudah bisa ditebak: disimpan di layanan cloud mereka yaitu iCloud. Layanan iCloud sudah otomatis diterima oleh pengguna iPhone ketika mereka login ke perangkat iPhone mereka. Tidak ada jalur lain selain lewat iCloud bagi pengguna iPhone untuk bisa mencadangkan data WhatsApp-nya seperti chat, stiker, setting dan sebagainya.

Kalau kamu ingin mencadangkan data WhatsApp kamu ke iCloud, ada beberapa langkah yang harus kamu lakukan sebelumnya.

Pertama kamu pastikan iPhone kamu terhubung dengan jaringan internet dari koneksi Wifi.

Pastikan juga kalau pencadangan iCloud untuk WhatsApp-mu telah aktif. Caranya klik icon “gerigi roda” pada layar “Home” untuk mengakses menu setting perangkat. Kemudian kamu klik banner AppleID yang terlihat di daftar paling atas pada menu pengaturan perangkat.

Lanjutkan dengan memilih opsi iCloud lalu Scroll ke bawah sampai kamu menemukan. Kalau icon togel WhatsApp berwarna hijau, itu artinya backup iCloud untuk WhatsApp kamu sudah aktif.

Oke sekarang setting pencadangan sudah aktif, kamu sudah bisa mulai untuk melakukan backup data WhatsApp dari iPhone kamu ke iCloud. Simak penjelasan di bawah ini.

Baca Juga  Menghapus Watermark Pada Video TikTok

Cara Backup WhatsApp iPhone ke iCloud

  • Buka aplikasi WhatsApp di iPhone Anda, lalu klik ikon gerigi roda untuk mengakses menu “Settings” atau “Pengaturan”
  • Selanjutnya, pilih opsi “Chat” dan klik opsi “Cadangan Chat”
  • Terakhir, klik opsi “Cadangkan Sekarang”
  • Anda bisa mengatur pencadangan secara otomatis secara harian, mingguan, dan bulanan, lewat opsi “Cadangkan Otomatis”
  • Data yang dicadangkan ke iCloud tersebut bisa dienkripsi end-to-end dengan mengaktifkan opsi “Cadangan Terenkrispi End-to-end”.

Sebagai informasi trik di atas dicoba pada iPhone dengan versi sistem operasi iOS 15. Kalau iPhone kamu menggunakan iOS yang berbeda, mungkin lokasi opsi dan setting icon nya juga bakal berbeda.

Itulah informasi seputar cara mencadangkan chat WhatsApp kamu pada iPhone ke iCloud dengan mudah. Selamat mencoba.

Leave a Reply